Manfaat Musik Klasik Dalam Bidang Kriminalitas

Mendengarkan musik klasik ternyata memiliki banyak manfaat baik itu bagi kesehatan mental dan jiwa serta memiliki efek yang menenangkan. Selain itu mendengarkan musik klasik sejak usia sedini mungkin dapat membantu perkembangan otak terutama daya nalar dan perkembangan bahasa.

  • Perampokan menurun hingga 33 Persen

Pada tahun 2004 di London, Inggris, Polisi Transportasi Inggris memutar musik klasik di stasiun London dan di beberapa daerah pemukiman paling berbahaya. Setelah memperdengarkan musik klasik selama enam bulan:

– Perampokan menurun sebesar 33 persen

– Penyerangan staf menurun sebesar 25 persen

– Vandalisme turun 37 persen

Ini bukan pertama kalinya musik klasik telah digunakan untuk mencegah kejahatan. Pada tahun 2001, polisi di West Palm Beach, Florida memasang CD player dan speaker pada sebuah bangunan dalam lingkungan penuh dgn kejahatan. Setelah memainkan musik klasik – terutama Mozart, Bach dan Beethoven – 24 jam sehari selama sekitar tiga bulan, penembakan, pencurian, gelandangan dan transaksi obat menurun.

  • Musik Klasik membuat pengacau bubar

Sebuah jaringan supermarket di Inggris juga menggunakan musik klasik untuk menghentikan kelompok-kelompok pemuda yang berkumpul di luar toko mereka.

“Memang sebagian besar mudah mendengarkan musik yang kami mainkan seperti Bach, Tchaikovsky, Vivaldi dan Mozart. Ini adalah sebuah konsep baru, tetapi bekerja dengan sangat baik” kata manajer regional pencegahan kehilangan Steve Hogarth.

Setelah memainkan musik klasik di bagian depan toko, laporan onar dan graffiti secara dramatis berkurang.

“Fakta bahwa pemuda bergerombol di luar toko bukanlah sebuah kejahatan, namun persepsi di antara staf dan pelanggan tindakan tersebut dirasakan seperti mengintimidasi. Sepertinya menjadi ‘kurang keren’ sebagai tempat berkumpul jika ada musik klasik, “kata Hogarth.

Sumber:www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: